Update TPS Suwung Bali: Setop Tampung Sampah Januari 2023

Kamis, 27 Oktober 2022 – 20:58 WIB
Update TPS Suwung Bali: Setop Tampung Sampah Januari 2023 - JPNN.com Bali
Petugas menyemprotkan cairan eco-enzyme saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar, Bali. Foto: ANTARA/Fikri Yusuf

bali.jpnn.com, DENPASAR - Beroperasinya tiga tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di Kota Denpasar berdampak dengan pengoperasian Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Suwung.

Dijadwalkan, TPA Suwung di Denpasar, Bali, bakal berhenti beroperasi menampung sampah pada Januari 2023.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, proses penutupan TPA Suwung telah dilakukan secara bertahap.

Penutupan TPA Suwung yang berada di area Teluk Benoa itu seiring dengan pembangunan tiga TPST yang bakal mengolah sampah menjadi bahan bakar (refused-derived fuel/RDF).

"Mulai bertahap November (2022) sampai Januari (2023) puncaknya, sudah habis (sampah di TPA Suwung), sehingga Suwung tidak perlu ada lagi.

Kita bikin Bali jadi bersih, karena apapun yang kita bikin kalau sampah banyak tidak ada gunanya," kata Luhut Pandjaitan.

TPA Suwung merupakan salah satu tempat penampungan sampah terbesar di Bali yang menampung limbah dari Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

TPA Suwung, yang berdiri di atas lahan seluas 32 hektare, beroperasi sejak 1980-an, menampung setidaknya 1.200 ton sampah per hari.
Limbah rumah tangga yang dibuang ke TPA Suwung saat ini menumpuk hingga membentuk gunungan sampah sebagaimana yang ada di TPST Bantar Gebang.

Update TPS Suwung Bali: Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pastikan bakal menyetop operasional pada Januari 2023
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News