Perintah Luhut Pandjaitan di Bali Tegas, Ajak Pengemudi Lokal Terlibat KTT G20

Rabu, 05 Oktober 2022 – 11:31 WIB
Perintah Luhut Pandjaitan di Bali Tegas, Ajak Pengemudi Lokal Terlibat KTT G20 - JPNN.com Bali
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga Ketua Bidang Dukungan Penyelenggara Acara KTT G20, memimpin Rapat Koordinasi Penyelenggaraan KTT G20 Indonesia 2022 di Candi Ballroom Hotel Apurva Kempinski, Badung, Bali, Selasa (4/10).Foto: ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Penyelenggaraan KTT G20 di Candi Ballroom Hotel Apurva Kempinski, Bali, kemarin (4/10).

Sejumlah isu penting dibahas pada rapat koordinasi, di antaranya skenario rencana operasi bandara untuk KTT G20 dan slot parkir pesawat VVIP.

Kemudian negara yang perlu diberikan privilege untuk parkir di Bandara Ngurah Rai, pengaturan slot-slot waktu pendaratan pesawat VVIP dan pemberlakuan partial close.

Rapat juga membahas pengurangan frekuensi penerbangan di Bandara Ngurah Rai, parkir pesawat, hingga pengaturan jarak dan atau jeda waktu antarpesawat.

"Saya minta ini betul-betul dicek, masalah pesawat ini penting.

Kalau bisa sejak sekarang kita sudah tanya pesawat yang dibawa dari negara-negara yang akan hadir itu apa saja, jumlahnya berapa supaya kita bisa susun pengaturannya dari sekarang," ujar Luhut.

Rakor itu juga membahas upaya mengurangi load bea cukai, imigrasi, dan karantina (CIQ) on the spot. Menurut Luhut, paspor dan data-data screening perlu dikumpulkan dan diproses terlebih dahulu agar alurnya lancar, termasuk juga perlu penguatan jumlah personel dan alat pendukung CIQ.

"Nah, untuk hal ini saya minta Kemenkeu, Kemenkumham, Kemenkes, semua kita kerja sama betul, bahu-membahu jangan ada saling tunggu," katanya.

Perintah Menko Marves Luhut Pandjaitan di Bali tegas, ajak pengemudi lokal ikut memberi manfaatkan dengan terlibat di KTT G20
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News