Sikap Indonesia Tegas, Menkominfo: DEWG G20 Bukan Ajang Politik Rusia-Ukraina

Kamis, 01 September 2022 – 21:26 WIB
Sikap Indonesia Tegas, Menkominfo: DEWG G20 Bukan Ajang Politik Rusia-Ukraina - JPNN.com Bali
Menteri Komunikasi dan Informatika Ekonomi Johnny G. Plate bersiap memimpin Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi Digital (DEMM) Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9).Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyadari sejumlah negara anggota G20 mengecam invasi Rusia ke Ukraina.

Namun, ada pula sebagian anggota G20 yang tidak ingin membicarakan topik tersebut saat forum Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di Nusa Dua, Badung, Bali.

Oleh karena itu, Menkominfo Johnny G.Plate kembali menegaskan komitmen Indonesia bahwa DEWG G20 bukan wadah untuk mendiskusikan situasi politik antara Rusia dan Ukraina.

“Pertemuan DEWG G20 adalah kerja sama ekonomi, bukan pakta pertahanan politik,” kata Johnny G.Plate kepada awak media di Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9).

Menurut Menkominfo Johnny G.Plate, Indonesia memahami dampak situasi geopolitik yang terjadi terhadap kondisi ekonomi global.

Sebagai Presidensi G20 yang bersikap netral dan imparsial, Indonesia telah menjembatani diskusi yang sesuai dengan mandat utama DEWG, yaitu untuk isu-isu ekonomi digital dan bukan isu politik.

Ia menjelaskan mekanisme pertemuan DEWG serta puncaknya, DEMM, yang ia pimpin merupakan pandangan umum dari para menteri ekonomi digit.

Ia juga menegaskan tidak ada perdebatan di antara para menteri selama pertemuan.

Sikap Indonesia di forum Digital Economy Working Group (DEWG) G20 tegas, Menkominfo Johnny G.Plate: bukan ajang politik Rusia-Ukraina
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News