Luhut Ingin Bali Bebas Sampah saat Puncak Acara KTT G20, Unud Wajib Terlibat

Rabu, 31 Agustus 2022 – 17:24 WIB
Luhut Ingin Bali Bebas Sampah saat Puncak Acara KTT G20, Unud Wajib Terlibat - JPNN.com Bali
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Ketua Bidang Penyelenggara Acara Presidensi G20. Foto: ANTARA/Instagram @luhut.pandjaitan

bali.jpnn.com, DENPASAR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ingin Bali bebas sampah saat puncak acara KTT G20 pada November mendatang.

Oleh karena itu, Ketua Bidang Penyelenggara Acara Presidensi G20 ini meninjau sejumlah Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Bali, Rabu (31/8), untuk memastikan Bali bebas sampah.

Luhut Pandjaitan memantau TPST Kesiman Kertalangu dan memantau progres dua TPST lainnya, yakni Tahura dan Padang Sambian.

Tiga TPST di Denpasar itu sekitar 40 persen mesinnya masih diimpor.

Hal itu lantaran hingga saat ini Indonesia masih belum memiliki dan mengembangkan teknologi pengelolaan sampah terpadu.

"Sebagai Ketua Bidang Penyelenggara Acara Presidensi G20, aspek penting yang ingin saya tunjukkan kepada para delegasi nanti adalah kebersihan di Pulau Dewata sebagai tuan rumah," kata Luhut Pandjaitan.

Luhut minta kementerian dan lembaga terkait agar terus mengembangkan mesin berteknologi yang sama untuk diproduksi sendiri di dalam negeri.

"Rencananya pabrik mesin ini akan berada di Solo, Jawa Tengah sehingga ke depannya mesin pengolahan sampah di 52 TPST lainnya yang akan dibangun di seluruh Indonesia akan menggunakan mesin buatan dalam negeri," ujar Luhut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ingin Bali bebas sampah saat puncak acara KTT G20, Unud wajib terlibat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News