Dinas Pertanian Buleleng Bergerak, Optimistis Zero Case PMK Tercapai

Senin, 18 Juli 2022 – 16:37 WIB
Dinas Pertanian Buleleng Bergerak, Optimistis Zero Case PMK Tercapai - JPNN.com Bali
Petugas dari Dinas Pertanian bersiap melakukan pemotongan bersyarat terhadap ternak sapi di Desa Pejarakan yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku. Foto: Pemkab Buleleng

bali.jpnn.com, BULELENG - Dinas Pertanian Buleleng memutuskan melakukan pemotongan bersyarat ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pemotongan ternak itu dilakukan di kawasan peternakan Desa Penjarakan melibatkan BPBD Buleleng, Camat Gerokgak, Perbekel Pejarakan dan peternak sapi.

16 ekor sapi dilakukan pemotongan  bersyarat kemarin (17/7).

Pemotongan hewan bersyarat ini dilakukan dengan mengikutsertakan jagal sapi yang berasal dari lokal Buleleng. 

Proses pemotongan bersyarat ini dilakukan dengan menerapkan standar operasional prosedur (SOP), di antaranya jagal alias tukang potong sapi menggunakan alat pelindung diri(APD) lengkap dan penyemprotan cairan disinfektan.

Kepala Dinas Pertanian Buleleng I Made Sumiarta mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemotongan bersyarat ini secara berkelanjutan.

Dinas Pertanian akan tetap mengutamakan hak peternak sapi agar tidak sampai dirugikan.

Selain langkah pemotongan bersyarat, kegiatan vaksinasi ternak gencar dilakukan Dinas Pertanian Buleleng dengan bantuan penuh dari Pemprov Bali. 

Dinas Pertanian Buleleng bergerak mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku kian meluas, optimistis zero case PMK segera tercapai
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News