PLN Perkuat Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi Jelang KTT G20 di Bali

Senin, 27 Juni 2022 – 20:55 WIB
PLN Perkuat Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi Jelang KTT G20 di Bali - JPNN.com Bali
Pekerja PT PLN melakukan perbaikan infrastruktur kelistrikan. Foto: ANTARA/HO-PLN UID Jatim

bali.jpnn.com, DENPASAR - PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) terus melakukan persiapan untuk menjaga dan memperbaiki keandalan sistem kelistrikan jelang KTT G20  di Bali, November 2022 mendatang.

Upaya PT PLN (Persero) adalah dengan menambah infrastruktur saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dari PLTU Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, ke sistem kelistrikan di Bali.

“Penambahan dilakukan melalui Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi (SKLT) 150 kV Ketapang-Gilimanuk,” ujar General Manajer PLN UIT JBM Didik F Dakhlan.

Menurut Didik, penambahan infrastruktur SUTT dari PLTU Paiton, Jawa Timur, ini untuk menjaga dan memperbaiki keandalan di sistem Jawa Timur dan juga Bali.

Senior Manajer Pemeliharaan Transmisi dan GI PLN UIT JBM Ika Sudarmaja mengatakan PLN juga melakukan penggantian sistem proteksi untuk meningkatkan keandalan yang akan dilakukan di 16 titik.

“Kami fokus pada proteksi dalam penyaluran energi listrik.

Saat ini, kami sudah melakukan penggantian enam relay proteksi di dua gardu induk (GI) dan ke depannya ada 12 titik lainnya yang akan kami lakukan penggantian," katanya.

Ika Sudarmaja  menjelaskan pada penambahan bus section di GI Paiton, PLN mengeluarkan anggaran investasi sebesar Rp 6,4 miliar dan untuk sistem proteksi sebesar Rp 2,2 miliar.

PLN UIT JBM memperkuat saluran kabel laut tegangan tinggi (SKLT) 150 kV Ketapang - Gilimanuk jelang KTT G20 di Bali
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News