BMKG Jadikan Tanjung Benoa Bali Contoh Ideal, Dunia Harus Tahu

Minggu, 19 Juni 2022 – 17:44 WIB
BMKG Jadikan Tanjung Benoa Bali Contoh Ideal, Dunia Harus Tahu - JPNN.com Bali
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat bersidang di Kantor Pusat UNESCO di Paris. Foto: ANTARA/HO-BMKG

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat bersidang di Kantor Pusat UNESCO di Paris mendorong negara-negara di dunia untuk mempercepat terbentuknya Tsunami Ready Community.

Menurut Dwikorita, butuh keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat untuk mempercepat terwujudnya Tsunami Ready Community.

Tidak hanya pemerintah, tetapi juga pihak swasta, akademisi, komunitas, termasuk rekan-rekan media di dalamnya.

Dwikorita Karnawati lantas mencontohkan keberadaan Tsunami Ready Community di Tanjung Benoa, Badung, Bali.

Menurutnya, Tanjung Benoa menjadi komunitas pertama di dunia yang mendapat pengakuan internasional dari UNESCO Intergovernmental Oceanographic Commission (UNESCO-IOC).

Predikat Tsunami Ready Community akan tercapai apabila semua pihak terlibat dengan berkolaborasi dan bersinergi, sehingga 12 indikator yang ditetapkan dapat dipenuhi dengan baik.

Ke-12 indikator itu antara lain telah dipetakan dan didesain zona bahaya tsunami, jumlah orang berisiko di dalam zona bahaya tsunami dapat terestimasi, sumber-sumber ekonomi, infrastruktur, dan politik teridentifikasi, serta adanya peta evakuasi tsunami yang mudah dipahami.

Selain itu, informasi tsunami termasuk rambu-rambu ditampilkan di publik.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjadikan Tanjung Benoa, Badung, Bali sebagai contoh ideal penerapan Tsunami Ready Community, dunia harus tahu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News