BMKG Ingatkan Gelombang Setinggi 6 Meter di Selatan Bali, Mohon Waspada

Minggu, 19 Juni 2022 – 13:59 WIB
BMKG Ingatkan Gelombang Setinggi 6 Meter di Selatan Bali, Mohon Waspada  - JPNN.com Bali
Wisatawan diterjang gelombang pasang saat beraktivitas di Pantai Kuta, Badung, Bali. (ANTARA/ Nyoman Hendra Wibowo/nym/ama.)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 6 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Samudra Hindia pada 19 - 20 Juni 2022.

Berdasarkan prakiraan BMKG, gelombang yang sangat tinggi itu terjadi di Samudra Hindia Barat Lampung dan Samudra Hindia Selatan Jawa serta Bali.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu lantaran sangat berbahaya.

Bukan hanya perahu, gelombang tinggi itu juga berbahaya bagi kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau pesiar.

Gelombang setinggi 1,25 - 2,5 meter diperkirakan terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kep. Nias, perairan Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sumba, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan P. Sawu - P. Rote – Kupang dan laut Laut Timor.

Gelombang tinggi 1,25 – 2,5 meter juga terjadi di perairan Laut Jawa bagian tengah dan timur, Selat Makasar bagian selatan, perairan timur Baubau - Kep. Wakatobi dan perairan Manui – Kendari.

Gelombang tinggi juga terjadi di Laut Flores, Laut Sulawesi, Laut Banda, perairan Kep. Sermata - Kep.Babar - Tanimbar, perairan selatan Kep. Kei - Kep. Aru, dan Laut Arafuru bagian barat

Sedangkan, pada gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,5 - 4,0 meter terjadi di perairan barat Kep. Mentawai, perairan Enggano, perairan barat Lampung dan Samudra Hindia Barat Nias – Enggano.

BMKG mengimbau warga waspada dengan potensi gelombang setinggi 6 meter di selatan perairan Bali dan sejumlah wilayah lain di Indonesia, mohon waspada
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News