Gambyuh Agung Karya ISI Denpasar Ramaikan Pawai PKB 2022

Kamis, 09 Juni 2022 – 21:47 WIB
Gambyuh Agung Karya ISI Denpasar Ramaikan Pawai PKB 2022 - JPNN.com Bali
Mahasiswa-mahasiswi Institut Seni Indonesia Denpasar saat melakukan gladi pementasan Gambyuh Agung yang ditampilkan dalam Pawai Pesta Kesenian Bali ke-44 di Denpasar. Foto: ANTARA/HO-ISI Denpasar.

bali.jpnn.com, DELI SERDANG - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 , bakal mulai bergulir, Minggu lusa (12/6) di Denpasar

Institut Seni Indonesia Denpasar secara khusus menghadirkan Gambyuh Agung, sebuah ciptaan ‘barungan’ baru yang bertitik mula dari pemuliaan kesenian Gambuh.

Gambyuh Agung bakal meramaikan acara Peed Aya alias pawai PKB.

Menurut Rektor ISI Denpasar Prof Dr Wayan Kun Adnyana mengatakan barungan ini meramu padu ragam melodis asta swara bisah dari seruling gambuh, bonang, genggong, kendang krumpung, bumbung gebyog, krepyak, mandolin dan okokan.

"Asta swara bisah adalah delapan gema suara kekal, inti bunyi semesta; bisah menunjuk sandang aksara (Bali): alun pelafalan ‘h’.

Setaut pemuliaan gambuh sebagai drama musikal klasik yang bergema ke seantero dunia," ujar Profesor Kun Adnyana.

Ansambel baru yang menghadirkan 88 instrumen gamelan dengan melibatkan 99 penabuh dan penari rarejangan itu mengedepankan instrumen bermatra mengalun melodis dengan seruling gambuh sebagai guru swara.

"Secara konseptual komposisi yang dicipta ini mengharmonikan tekstur bunyi alami ketaksaan seruling pagambuhan, mengelaborasi alunan ritmis bonang, kendang, okokan, krepyak, gebyog, mandolin dan genggong," katanya.

Gambyuh Agung karya mahasiswa ISI Denpasar bakal ramaikan ajang pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) 2022
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News