Ke Indonesia, Fiji Hingga Vanuatu Khawatir Negaranya Tenggelam

Kamis, 09 Juni 2022 – 06:27 WIB
Ke Indonesia, Fiji Hingga Vanuatu Khawatir Negaranya Tenggelam  - JPNN.com Bali
Peta administratif Kepulauan Solomon, negara di kawasan pasifik yang tergabung dalam forum Melanesian Spearhead Group yang berakhir di Bali kemarin. ANTARA/Shutterstock/pri. Foto: ANTARA/Shutterstock

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Delegasi dari Fiji, Vanuatu, Kepulauan Solomon, dan Papua Nugini (PNG) memberi masukan menarik mengenai keterkaitan dampak perubahan iklim terhadap keamanan kawasan.

Usulan tersebut dilontarkan negara-negara yang tergabung dalam wadah Melanesian Spearhead Group (MSG) saat mengadakan Pertemuan Ke-4 Kelompok Kerja Strategi Keamanan Regional (RSS) MSG di Badung, Bali, yang berakhir kemarin (8/6).

“Kita jarang membahas dampak perubahan iklim jadi isu keamanan, tetapi dalam pertemuan, delegasi negara-negara di Pasifik itu memberi pemahaman bahwa keduanya saling terkait,” kata Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Santo Darmosumarto.

Dampak perubahan iklim, yang salah satunya terlihat pada naiknya permukaan air laut, telah lama menjadi kekhawatiran negara-negara di kawasan Pasifik, termasuk anggota MSG.

Pasalnya, jika permukaan air laut naik, maka negara-negara itu, yang sebagian besar berbentuk pulau dan kepulauan, terancam tenggelam.

Oleh karena itu, dampak perubahan iklim turut jadi isu yang dibahas dalam pertemuan karena menentukan keberlangsungan dan ketahanan negara.

Dalam kesempatan yang sama, Santo juga mengatakan pertemuan itu memberi pesan bahwa Indonesia menjadikan negara-negara Melanesia di kawasan Pasifik sebagai prioritas kerja sama.

“Selama ini (ada anggapan) kita (Indonesia) memunggungi mereka, tetapi sekarang kita berhadapan dengan mereka, bahwa negara-negara itu adalah tetangga kita juga yang menghadapi ancaman keamanan yang sama,” ujar Santo.

Di Forum MSG yang berakhir kemarin di Bali, negara di kawasan pasifik seperti Fiji Hingga Vanuatu khawatir negaranya tenggelam karena perubahan iklim
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News