Ini Temuan Distan Denpasar saat Cek Daging Babi Jelang Galungan, Astungkara

Selasa, 07 Juni 2022 – 17:29 WIB
Ini Temuan Distan Denpasar saat Cek Daging Babi Jelang Galungan, Astungkara - JPNN.com Bali
Petugas dari Dinas Pertanian Kota Denpasar, Bali, saat mengecek kondisi daging babi yang beredar di salah satu pasar tradisional di Denpasar, Senin kemarin (6/6). (Humas Pemkot Denpasar).

bali.jpnn.com, DENPASAR - Menjelang Hari Raya Galungan, Pemkot Denpasar mengecek kualitas daging babi di pasaran Senin kemarin (6/6).

Pengecekan dilakukan oleh Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar di Rumah Potong Hewan (RPH) Pesanggaran dan sejumlah pasar tradisional.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Made Ngurah Sugiri menyebutkan, pengecekan ini untuk memastikan kesehatan daging babi jelang Hari Suci Galungan.

"Di mana pada saat Penampahan Galungan (hari ini, Red) identik dengan mebat (tradisi menyembelih dan memakan daging babi)," ucap Made Ngurah Sugiri.

Menurut Made Ngurah Sugiri, pihaknya membentuk tim yang melaksanakan pemeriksaan post morthem dan ante morthem atau sebelum dan sesudah disembelih.

"Tim inilah yang melaksanakan pengecekan di seluruh pasar rakyat dan RPH Kota Denpasar untuk memastikan kesehatan daging babi dan daging di pasaran," tutur Made Ngurah Sugiri.

Pengecekan ini juga untuk mengontrol harga daging di pasaran selama Hari Raya Galungan dan Kuningan.

"Jadi, hasil pemantauan kami di lapangan bahwa seluruh daging yang tersedia di pasar dan RPH dinyatakan sehat dan layak dikonsumsi," papar Made Sugiri. (gie/JPNN)

Ini temuan Dinas Pertanian Denpasar saat mengecek daging babi di pasar tradisional jelang Hari Raya Galungan, astungkara

Redaktur : Ali Mustofa
Reporter : Abdul Sentot Prayogi

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News