Daging Babi Jadi Buruan Jelang Galungan, Distan Denpasar Turun Tangan

Selasa, 07 Juni 2022 – 06:47 WIB
Daging Babi Jadi Buruan Jelang Galungan, Distan Denpasar Turun Tangan - JPNN.com Bali
Petugas dari Dinas Pertanian Kota Denpasar, Bali, saat mengecek kondisi daging babi yang beredar di salah satu pasar tradisional di Denpasar, Senin kemarin (6/6). Foto: ANTARA/HO-Pemkot Denpasar.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Dinas Pertanian Kota Denpasar mengecek kondisi daging babi yang beredar di seluruh pasar tradisional di Ibu Kota Provinsi Bali menjelang perayaan Hari Raya Galungan.

Selain menyasar pasar tradisional, pengecekan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Pesanggaran, Kota Denpasar.

Pengecekan tersebut juga untuk memastikan kesehatan daging babi menjelang Hari Raya Galungan yang dirayakan umat Hindu Bali, Rabu besok (8/6).

"Ini untuk menjamin keamanan masyarakat mengonsumsi pangan yang berasal dari hewan, khususnya daging babi yang sehat, aman dan utuh," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar Made Ngurah Sugiri.

Mulai Selasa hari ini (7/6), umat Hindu Bali melakukan kegiatan ‘mebat’ atau membuat berbagai olahan makanan berbahan babi untuk dijadikan persembahan.

Tradisi ini biasa dilakukan sehari sebelum Galungan atau saat Penampahan Galungan.

Untuk mendukung kelancaran pemeriksaan daging, Made Ngurah Sugiri mengatakan bahwa pihaknya membentuk tim yang melaksanakan pemeriksaan post mortem dan ante mortem.

Tim ini sekaligus melakukan pemantauan untuk memastikan ketersediaan stok daging babi.

Daging babi jadi buruan umat Hindu Bali jelang Hari Raya Galungan yang jatuh Rabu besok, Distan Kota Denpasar turun tangan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News