Fenomena Astronomis Landa Bali dan Wilayah Lain di Indonesia, Mohon Bersiap

Rabu, 01 Juni 2022 – 15:17 WIB
Fenomena Astronomis Landa Bali dan Wilayah Lain di Indonesia, Mohon Bersiap - JPNN.com Bali
Ilustrasi matahari terbit dari ufuk timur. Foto: ANTARA

bali.jpnn.com, DENPASAR - Fenomena matahari terbit paling akhir akan terjadi di sejumlah provinsi pada 13-21 Juli 2022.

Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) fenomena ini bakal terjadi di Bali, Nusa Tenggara (NTT dan NTB), Sulawesi Selatan, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Selatan, dan Jawa.

Jawa mencakup seluruh provinsi mulai dari Banten hingga Jawa Timur.

Fenomena astronomis yang sama juga dialami oleh Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua bagian tengah dan selatan seperti Timika, Tanah Merah atau Boven Digul dan Merauke.

"Secara umum, seluruh Indonesia akan mengalami matahari terbit paling awal sejak 28 Oktober-18 November,” ujar peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang.

Kecuali Banda Aceh.

Menurut Andi Pangerang, di Banda Aceh matahari terbit lebih awal pada 24 Mei karena terletak di atas 4 derajat lintang utara.

Sedangkan wilayah lainnya seperti sebagian besar Sumatera kecuali Bengkulu dan Lampung, dan sebagian besar Kalimantan kecuali Kalimantan Selatan, akan mengalami matahari terbit paling akhir antara 3-19 Februari 2022.

Fenomena alam matahari terbit dan terbenam lebih awal bakal melanda Bali dan sejumlah wilayah lain di Indonesia, mohon bersiap
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News