Jokowi Bunyikan Kulkul Tanda Buka GPDRR 2022, Maknanya Amazing

Rabu, 25 Mei 2022 – 14:42 WIB
Jokowi Bunyikan Kulkul Tanda Buka GPDRR 2022, Maknanya Amazing - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama UN Deputy Secretary-General Amina Mohammed (kiri) memegang kulkul saat membuka Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5). Foto: ANTARA/Wahyu Putro A

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Ada yang menarik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5).

Presiden Jokowi beserta menteri, kepala badan, dan sejumlah pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membunyikan kulkul tanda membuka forum dunia itu.

Presiden Jokowi membunyikan kulkul bersama dengan Wakil Sekretaris Jenderal PBB Amina J. Mohammed, Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Ikut mendampingi  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Isu Pengurangan Risiko Bencana Mami Mizutori, serta Kepala Perwakilan PBB untuk Indonesia Valerie Julliand.

Kulkul adalah alat komunikasi tradisional dari bambu yang masih digunakan oleh masyarakat adat di Bali untuk berkomunikasi dan memberikan peringatan bencana kepada warga setempat.

Pesan yang ingin disampaikan pemerintah Indonesia, pemukulan kulkul bukan hanya menjadi penanda dibukanya ajang GPDRR, tetapi juga kesempatan untuk memperkenalkan kearifan lokal masyarakat Bali dalam penanggulangan bencana.

"Terlepas dari adanya teknologi telepon dan radio, kulkul masih jadi alat komunikasi yang efektif bagi masyarakat Bali sampai hari ini," kata pembawa acara kepada pimpinan delegasi asing.

Kulkul telah diperkenalkan Gubernur Bali I Wayan Koster kepada para delegasi asing di acara pra-GPDRR di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Badung, Senin (23/5).

Presiden Jokowi membunyikan kulkul tanda dibukanya GPDRR 2022, maknanya amazing dalam penanggulangan bencana di Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News