Awak Shenzhou-13 Kembali ke Bumi, Catat Rekor Paling Lama di Orbit

Sabtu, 16 April 2022 – 21:40 WIB
Awak Shenzhou-13 Kembali ke Bumi, Catat Rekor Paling Lama di Orbit - JPNN.com Bali
Tim medis menyambut kedatangan para astronaut China di landasan pendaratan Gurun Gobi setelalah selesai menjalani misi enam bulan bersama Shenzhou-13. Foto: ANTARA/CCTV

bali.jpnn.com, MONGOLIA - Kabar baru datang dari awak Shenzhou-13.

Ketiga astronaut yang mengawai Shenzou-13, yakni Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu dilaporkan telah kembali ke bumi dengan selamat, Sabtu pagi (16/4).

Awak Shenzou -13 menyentuh landasan Dongfeng, yang berada di tengah Gurun Gobi di Daerah Otonomi Mongolia Dalam tepat pukul 09.56 waktu setempat atau sekitar 09.56 WITA. 

“Ketiga astronaut keluar dari kapsul yang mendarat di gurun yang membatasi China dengan Mongolia dan Rusia itu pada pukul 11.05 dan langsung beradaptasi dengan gravitasi bumi,” kata Badan Antariksa Cina (CMSA).

Ketiganya kembali ke bumi dengan selamat pada Sabtu pagi setelah mencatat rekor terlama berada di orbitnya, tepatnya selama enam bulan.

Artinya, mereka memecahkan rekor Shenzhou-12, yang hanya 92 hari.

Sebelumnya, ketiga astronaut Shenzhou-12 melakukan perjalanan selama sekitar sembilan jam dari stasiun ruang angkasa milik Tiongkok.

Setelah mendarat di bumi, tim medis memastikan ketiga awak pesawat tersebut berada dalam keadaan sehat.

Ketiga astronaut Shenzhou-13 kembali ke Bumi setelah berada di orbit bumi selama 6 bulan terakhir, catat rekor paling lama di orbit
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News