68 Persen Indonesia Menuju Normal, Bali dan Nusra Pulih Lebih Cepat

Selasa, 05 April 2022 – 02:59 WIB
68 Persen Indonesia Menuju Normal, Bali dan Nusra Pulih Lebih Cepat - JPNN.com Bali
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/aa

bali.jpnn.com, JAKARTA - Kerja keras pemerintah mengendalikan pandemi Covid-19 patut diapresiasi.

Berdasarkan data Global Normalcy Index yang dikeluarkan majalah the Economist, saat ini Indonesia berada di angka 68 dari 100 menuju normal.

Karena itu, untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pemerintah akan segera membuka bandara-bandara internasional di tanah air.

Langkah penting yang akan diambil adalah merelaksasi aturan visa seiring dengan semakin terkendalinya pandemi Covid-19.

“Salah satu yang masih kita harus perbaiki adalah kapasitas penerbangan internasional yang masih jauh dari normal,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, pemerintah akan melakukan langkah-langkah di antaranya membuka bandara internasional di Yogyakarta, Medan, Makassar dan Pekanbaru.

Selain itu, pemerintah juga akan merelaksasi kebijakan visa mendekati aturan sebelum pandemi.

"Aturan entry test pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) masuk Indonesia akan kami relaksasi, sehingga jumlah penerbangan yang masuk dapat meningkat tanpa menyebabkan penumpukan di bandara," katanya.

Data Global Normalcy Index melaporkan 68 persen Indonesia menuju normal, bahkan Mandiri Institute melaporkan Bali dan Nusra bisa pulih lebih cepat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News