Kemendagri Gandeng Pemda Bali Gaungkan #Gilasampah Jelang KTT G20

Kamis, 24 Maret 2022 – 13:05 WIB
Kemendagri Gandeng Pemda Bali Gaungkan #Gilasampah Jelang KTT G20 - JPNN.com Bali
Ilustrasi Pemkot Denpasar gencar dirikan bank sampah upaya jaga lingkungan bersih. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Denpasar

bali.jpnn.com, JAKARTA - Langkah agresif dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyukseskan Gerakan Inovasi Langsung Aksi Sampah (#Gilasampah) di Bali.

Kementerian yang dipimpin Mendagri Tito Karnavian ini menggandeng pemerintah daerah (Pemda) di Bali dan masyarakat setempat untuk sama-sama mengaungkan program ini jelang KTT G20, Oktober 2022 mendatang.

Ada tiga tujuan dari gerakan ini, selain literasi-edukasi, ada upaya menghubungkan antarmasyarakat (connecting people), serta aksi dan inovasi (action and innovation).

Kemendagri selaku koordinator pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah ikut bersinergi dengan masyarakat sebagaimana amanat Pasal 365 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 untuk melaksanakan program ini,” ujar Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga.

Perwakilan dari Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim mengatakan sampah menjadi tanggung jawab semua pihak, tak terkecuali setiap individu.

“Kalau kita bisa mencanangkan hal ini kepada setiap orang di seluruh republik ini, masalah sampah pasti sudah selesai,” kata Christine Halim percaya diri.

Akademisi Universitas Warmadewa Bali Eka Mahardika menambahkan bahwa peran organisasi yang terlibat dalam #Gilasampah sangat penting.

Kegiatan ini, menurutnya, dapat menjadi open gate untuk kegiatan penanganan sampah berikutnya.

Kemendagri menggandeng Pemda Bali dan masyarakat untuk mengaungkan #Gilasampah Jelang KTT G20 Oktober 2022 mendatang
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News