KTT G20 di Bali Siap Hadirkan Bus Listrik Produksi Mahasiswa Indonesia

Sabtu, 12 Maret 2022 – 19:36 WIB
KTT G20 di Bali Siap Hadirkan Bus Listrik Produksi Mahasiswa Indonesia - JPNN.com Bali
Direktur PT INKA (Persero) Budi Noviantoro (kiri) didampingi Ketua Tim Akselerasi Bus Listrik Merah Putih Nur Yuniarto memberikan keterangan pers usai melakukan penerimaan mahasiswa magang program Kampus Merdeka di Gedung INKA Training Center (ITC), Desa Kuwiran, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jatim, Jumat (11/3/2022). Foto: ANTARA/Louis Rika

bali.jpnn.com, JAKARTA - Ada yang istimewa dari mahasiswa Indonesia dalam pertemuan G20 di Bali pada November mendatang.

Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dilibatkan oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA  memproduksi bus listrik Merah Putih.

Proyek tersebut akan diperlihatkan dalam KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

Direktur INKA Budi Noviantoro mengatakan mahasiswa yang dilibatkan tersebut merupakan mahasiswa lolos seleksi Kemendikbudristek di Jakarta dalam program magang Kampus Merdeka.

Terdapat 100 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang terpilih.

"Mereka magang di sini itu mulai nol pembuatan bus listrik sampai jalan, uji coba, sampai memiliki sertifikat,” katanya di Kampus Merdeka di Gedung INKA Training Center (ITC), Madiun, Jatim, Jumat (11/3).

Rencananya, akan buat lagi 19 unit bus listrik sebelum G20 dimulai.

Dari 19 unit bus listrik yang dipesan tersebut, sembilan unit di antaranya akan dikerjakan mahasiswa magang Kampus Merdeka dengan sistem pendanaan 50:50.

KTT G20 di Nusa Dua Bali siap hadirkan bus listrik produksi hahasiswa Indonesia
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News