Unud Keluhkan Mahasiswa Asing Sulit Masuk Bali, Sentil Sulitnya Urus Visa

Jumat, 25 Februari 2022 – 09:45 WIB
Unud Keluhkan Mahasiswa Asing Sulit Masuk Bali, Sentil Sulitnya Urus Visa - JPNN.com Bali
Gedung Rektorat Universitas Udayana di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. (Dok.JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Universitas Udayana (Unud) masih menjadi tempat favorit bagi mahasiswa asing untuk menuntut ilmu di Indonesia.

Sayangnya masih banyak mahasiswa asing program internasional yang belum bisa masuk Bali lantaran terkendala pengurusan visa.

"Sejumlah program internasional tidak terlaksana karena menuntut kehadiran mahasiswa di Bali, sedangkan mahasiswa asing belum bisa masuk Bali akibat berbagai kendala dalam pengurusan visa," keluh Koordinator KUI Unud Dr. Ni Nyoman Pujianiki.

Menurut Dr. Pujianiki, selama pandemi hanya tiga program internasional bisa diselenggarakan secara online yakni IBSM, Go Bali dan BIFAS.

Kantor Urusan Internasional (KUI) Unud merencanakan program internasional berbasis prodi sejak Tahun 2020, tetapi pandemi Covid-19 menyebabkan realisasi program kerja itu tertunda.

Menurut dia, proses pengajuan visa di masa pandemi, penuh ketidakpastian sehingga pihak agen harus mengikuti perkembangan terbaru terkait aturan keimigrasian.

Kendala pengurusan visa selain negara asal mahasiswa yang masuk daftar cekal seperti Denmark, Prancis, dan Iran, ternyata pengajuan visa untuk tujuan studi dan wisata belum diizinkan.

"Asal negara dapat diatasi dengan mahasiswa melakukan perjalanan ke negara lain yang diizinkan dan karantina selama 14 hari baru masuk Indonesia.

Universitas Udayana Keluhkan masih banyak mahasiswa asing sulit masuk Bali selama pandemi Covid-19, sentil sulitnya mengurus visa
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News