Analisis Menarik Virolog Unud Bongkar Kasus Covid-19 di Indonesia, Catat Baik-baik

Kamis, 23 Desember 2021 – 10:36 WIB
Analisis Menarik Virolog Unud Bongkar Kasus Covid-19 di Indonesia, Catat Baik-baik - JPNN.com Bali
Ilustrasi COVID-19. Foto: Antara

bali.jpnn.com, DENPASAR - Analisis menarik dilontarkan ahli virologi Universitas Udayana (Unud) Prof Dr drh I Gusti Ngurah Kade Mahardika terkait perkembangan kasus covid-19.

 

Ilmuwan virus kelahiran Jembrana, Bali, ini tengah meneliti keterkaitan posisi matahari dari khatulistiwa dengan perkembangan kasus covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Menurut analisis Prof Mahardika, jika melihat tren kasus pada 2021, puncak kasus Covid-19 di Indonesia terjadi di saat posisi matahari berada jauh di utara khatulistiwa pada bulan Juni – Agustus.

Kasus covid-19 mulai menurun pada bulan September saat posisi matahari berada di garis khatulistiwa.

"Apakah ini valid atau tidak, nanti saya akan sampaikan pada bulan April atau Mei 2022," ujar Prof Dr drh I Gusti Ngurah Kade Mahardika saat diskusi yang digelar Wartawan Peduli Bencana Bali.

Prof Mahardika mengatakan, kondisi ini kemungkinan terjadi karena sifat virus covid-19 yang kurang tahan dengan cuaca panas.

Karena itu, guru besar Fakultas Kedokteran Hewan ini meminta pemerintah waspada di bulan Desember ini lantaran kelembapan tinggi.

Virolog Unud membongkar kasus covid-19 di Indonesia yang ada keterkaitan dengan posisi matahari di garis khatulistiwa
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News