Umat Hindu Diimbau Gunakan Buah Lokal Bali untuk Upacara Hari Suci Galungan - Kuningan

Senin, 08 November 2021 – 18:43 WIB
Umat Hindu Diimbau Gunakan Buah Lokal Bali untuk Upacara Hari Suci Galungan - Kuningan - JPNN.com Bali
Buah-buahan tropis. Foto: Kementan

bali.jpnn.com, DENPASAR - Dua hari lagi, tepatnya Hari Rabu (10/11) Umat Hindu akan merayakan Hari Suci Galungan.

Untuk lebih memaknai Hari Suci Galungan dan juga Hari Raya Kuningan (20/11), Umat Hindu di Bali diimbau untuk menggunakan buah lokal untuk semua kebutuhan upacara Hari Raya.

Imbauan ini disampaikan langsung Majelis Desa Adat (MDA) Bali dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Senin (8/11) siang.

 “Penggunaan buah lokal di desa adat untuk keperluan upacara keagamaan memiliki nilai yang sangat positif bagi pertanian maupun perekonomian Bali," kata Bendesa Agung MDA Bali, Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet yang diwakili Petajuh Bidang Agama, Seni, Budaya, Tradisi dan Kearifan Lokal, Gusti Made Ngurah.

Karena itu, tegasnya, MDA Provinsi Bali mengimbau umat Hindu melalui MDA kabupaten/kota dan prajuru adat di masing-masing desa adat untuk menyosialisasikan imbauan ini.

"Kami mengajak dan menyosialisasikan kepada krama desa agar memanfaatkan buah lokal Bali, baik untuk kegiatan upacara agama salah satunya,” ujar Gusti Made Ngurah.

Hal senada juga diungkapkan Ketua PHDI Bali, Gusti Ngurah Sudiana.

Gusti Ngurah Sudiana menilai penggunaan buah lokal Bali di Hari Raya Galungan bisa membantu perekonomian masyarakat, khususnya petani-petani lokal.

Umat Hindu diimbau menggunakan buah lokal Bali untuk keperluan upacara hari suci Galungan dan Kuningan yang akan berlangsung dua hari lagi
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News