Belasan Lingga Peninggalan Kerajaan Ditemukan di Klungkung, Diduga Bekas Griya Pendeta

Kamis, 30 September 2021 – 08:46 WIB
Belasan Lingga Peninggalan Kerajaan Ditemukan di Klungkung, Diduga Bekas Griya Pendeta - JPNN.com Bali
Wakil Bupati Klungkung Made Kasta didampingi Kapolsek Banjarangkan AKP Nikolas Sina Ruing, saat meninjau temuan belasan lingga di Subak Gombeng Klod, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, kemarin. (Dewa Ayu Pitri Arisanti/Radarbali.id)

bali.jpnn.com, SEMARAPURA - Penemuan 14 lingga, sebuah cubang dan fondasi dari batu di kawasan Subak Gombeng Klod, Desa Bakas, Banjarangkan, Klungkung, Bali, tengah ramai diperbincangkan masalah setempat.

Sejak ditemukan, warga sering mabenten alias menghaturkan sesajen di lokasi.

Meski sudah lama ditemukan dan kerap disembahyangi warga, benda-benda sejarah tersebut dalam kondisi tidak terawat.

Hingga akhirnya pihak Griya Gede Bakas hadir ke tempat itu pada 21 September 2021 lalu untuk bersembahyang lantaran akan menggelar upacara besar.

“Ada indikasi bekas peninggalan kerajaan zaman dahulu,” ujar Perbekel Bakas I Wayan Mudana saat mendampingi Wakil Bupati Klungkung Made Kasta dilansir dari Radarbali.id.

Diduga tempat itu sebelumnya adalah sebuah griya atau kediaman seorang pendeta yang akhirnya ditinggal karena dipindahkan ke tempat lain.

“Infonya, tepat itu sebelumnya adalah Griya Bakas saat masih zaman kerajaan sebelum akhirnya dipindah ke tempat yang baru karena situasi sudah aman,” jelasnya.

Terkait tindak lanjut peninggalan itu, pihaknya menunggu keputusan Wabup Kasta yang pada saat itu mendatangi lokasi.

Belasan lingga, cubang dan fondasi ditemukan di Bakas, Banjarangkan, diduga peninggalan kerajaan zaman dahulu. Diduga bekas griya pendeta