Cantik Memesona, Ini Manfaat Bunga Telang: Obat Penurun Panas Hingga Diabetes

Selasa, 17 Agustus 2021 – 22:45 WIB
Cantik Memesona, Ini Manfaat Bunga Telang: Obat Penurun Panas Hingga Diabetes - JPNN.com Bali
Ilustrasi Bunga Telang. (dok.JPNN)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Bunga telang yang banyak ditemui di alam sekitar, rupanya, kaya manfaat.

Berdasar hasil penelitian Guru Besar Kimia Fakultas MIPA Universitas Udayana, Prof. Dr. Made Agus  Gelgel Wirasuta, bunga telang adalah sumber antioksidan yang bisa dimanfaatkan untuk obat penurun panas alami

Secara sifat obat, bunga telang memiliki kemiripan dengan paracetamol alias obat demam yang banyak dikonsumsi umat manusia.

Sekadar diketahui, bunga atau kembang telang yang memiliki nama latin Clitoria ternatea adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan.

Anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, tetapi sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika. 

"Dari penelitian yang pernah kami lakukan, memberi pasien demam dengan teh bunga telang dengan dosis 400 ml, secara signifikan bisa menurunkan suhu tubuh hingga  lima jam setelah dikonsumsi," ujar Prof Gelgel Wirasuta dikutip dari Baliexpress.id.

Menurut Prof Gelgel, bunga telang yang memiliki nama lain Butterfly pea flower yang telah diekstrak bisa membantu membantu memperbesar pembuluh darah yang ada di bawah lapisan kulit.

Sehingga membantu mendinginkan darah dengan meningkatkan aliran darah dan menurunkan suhu.

Selain dikenal cantik dengan keindahannya, bunga telang ternyata kaya manfaat. Selain dikenal sebagai obat demam, juga bisa dimanfaatkan untuk obat diabetes