Wagub Cok Ace Ingatkan Pentingnya Pasemetonan untuk Menjaga Adat dan Tradisi Bali

Senin, 10 Januari 2022 – 09:53 WIB
Wagub Cok Ace Ingatkan Pentingnya Pasemetonan untuk Menjaga Adat dan Tradisi Bali - JPNN.com Bali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace saat acara bedah buku di Ubud, Gianyar, kemarin malam. (Humas Pemprov Bali)

bali.jpnn.com, GIANYAR - Kepemimpinan Dinasti Ida Dalem Shri Aji Kresna Kepakisan dikupas habis saat acara bedah buku dan focus group discussion (FGD) yang digelar Pasemetonan Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace hadir langsung dalam acara yang digelar di Hotel Royal Pitamaha, Ubud, Gianyar, kemarin (9/1).

Wagub Cok Ace mengatakan keberadaan pasemetonan di Bali sangat perlu.

Selain sebagai penelusuran jejak leluhur dan keluarga, juga sebagai pemersatu dalam memikirkan dan menentukan langkah-langkah kedepan untuk kepentingan tanah leluhur.

Wagub Cok Ace mencontohkan, berkat keberadaan pasemetonan di Bali, begitu banyak pekerjaan yang berkaitan dengan Yadnya, serta adat dan istiadat di Bali begitu dimudahkan dewasa ini.

“Saya ingat dahulu, masyarakat yang memundut Jempana Bethara di Besakih saat akan Nyegara Gunung dahulu tidak sebanyak sekarang.

Berkat pasemetonan, kita bahu membahu sehingga acara Dewa Yadnya tersebut menjadi lebih ringan dan membahagiakan,” ujar Wagub Cok Ace dilansir dari laman Pemprov Bali.

Mengenai buku ‘Dinamika Kepemimpinan Dinasti Ida Dalem Shri Aji Kresna Kepakisan’, Wagub Cok Ace berharap kedepan bisa dijadikan referensi.

Wagub Bali Cok Ace mengingatkan pentingnya Pasemetonan untuk menjaga adat dan tradisi Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News