Pertahankan Tradisi, Jemaat Gereja Katolik Canggu Kenakan Pakaian Adat Bali saat Misa Natal

Sabtu, 25 Desember 2021 – 17:40 WIB
Pertahankan Tradisi, Jemaat Gereja Katolik Canggu Kenakan Pakaian Adat Bali saat Misa Natal - JPNN.com Bali
Jemaat Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Babakan di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, saat melaksanakan Misa Natal, Sabtu (25/12) dengan nuansa adat Bali. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Di Bali, tak sedikit gereja dan jemaatnya yang tetap menjaga tradisi adat istiadat Bali dalam menjalankan peribadatan di lingkungan gereja.

Pelestarian adat Bali ini dilangsungkan tidak hanya pada momen Hari Raya Kristiani, tetapi juga dalam setiap sesi peribadatan mingguan di gereja.

Dari sekian gereja unik ini, salah satunya bisa ditemukan di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Babakan di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung.

Tak hanya arsitektur bangunan gereja yang kental dengan nuansa bangunan khas Bali, saat menjalani peribadatan, jemaatnya selalu berbusana pakaian adat Bali.

Seperti yang juga tampak pada perayaan Misa Natal di Gereja Katolik Canggu ini, Sabtu (25/12), yang kental dengan nuansa adat Bali.

"Jadi, di sini memang umat diharapkan datang ke gereja dengan pakaian adat Bali," kata Romo Rony Alfridus Bere Lelo selaku Patur Paroki Gereja Katolik Roh Kudus Babakan, Canggu.

Dengan mengenakan pakaian adat Bali saat peribadatan di gereja, ujar Romo Rony, menjadi salah satu cara gereja dan jemaatnya untuk melestarikan budaya Bali.

"Gereja memberi kesempatan kepada umat untuk menghargai budaya Bali, dan ini juga sebagai wujud cinta umat kepada NKRI," ulas Romo Rony Alfridus.

Jemaat Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Canggu mengenakan pakaian Adat Bali saat Misa Natal, Sabtu (25/12) sebagai bentuk pelestarian adat istiadat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News