UPDATE GEMPA! 377 Rumah di Desa Ban Rusak Total, 1.083 Ringan, Ini Respons Wagub Cok Ace

Minggu, 24 Oktober 2021 – 18:38 WIB
UPDATE GEMPA! 377 Rumah di Desa Ban Rusak Total, 1.083 Ringan, Ini Respons Wagub Cok Ace - JPNN.com Bali
Ke Posko Desa Ban, Karangasem, Wagub Cok Ace menyalurkan bantuan kolektif untuk korban gempa sebesar Rp125 Juta. (Istimewa)

bali.jpnn.com, AMLAPURA - Perbekel Desa Ban I Gede Tamu Sugiantara menyatakan, dari 16 banjar yang ada di wilayahnya, 9 banjar yang posisinya berada di atas perbukitan mengalami kerusakan parah akibat gempa Karangasem berkekuatan 4,8 skala richter (SR), Sabtu (16/10) dini hari lalu.

Sementara 6 banjar yang berada di bawah kaki bukit rata-rata mengalami kerusakan ringan.

"377 rumah rusak total dan 1.083 rusak ringan.

Selain itu, 131 pura juga mengalami kerusakan akibat gempa,” ujar Perbekel Tamu Sugiantara kepada Wagub Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace di Posko 1 Desa Ban, Kubu, Karangasem.

Perbekel Sugiantara menyebut, bantuan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh warganya yang kehilangan tempat tinggal adalah seng yang akan dimanfaatkan sebagai sebagai tempat berteduh.

Sedangkan bantuan berupa sembako dan kebutuhan lain menurutnya saat ini sudah mencukupi.

Menanggapi laporan Perbekel Tamu Sugiantara, Wagub Cok Ace yang didampingi Kalaksa BPBD Bali I Made Rentin mengarahkan agar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali menyesuaikan bantuan dengan kebutuhan korban gempa.

"Syukur yang dari BI ini bantuan riilnya belum dibawa hari ini.

Update gempa. Perbekel Desa Ban Tamu Sugiantara melaporkan ada 377 rumah di desanya yang rusak total, dan 1.083 rusak ringan