UPDATE! Ini Rincian Daftar Kerusakan Gempa Karangasem Versi BPBD Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 – 22:53 WIB
UPDATE! Ini Rincian Daftar Kerusakan Gempa Karangasem Versi BPBD Bali - JPNN.com Bali
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali I Made Rentin (tengah) bersama Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan jajaran saat meninjau lokasi gempa di Trunyan, Kabupaten Bangli, Sabtu (16/10). Antara/HO-BPBD Bali.

bali.jpnn.com, BANGLI - Kerugian material akibat gempa Karangasem yang menewaskan tiga korban jiwa dan puluhan luka ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Tepatnya Rp991,5 juta.

Jumlah tersebut berdasar perhitungan BPBD Bali di dua lokasi terdampak gempa paling parah di Bali.

Yakni di Kecamatan Kubu, Karangasem dan Kecamatan Kintamani, Bangli.

"Tak hanya rumah warga dan sejumlah tempat suci yang mengalami kerusakan, juga berbagai fasilitas umum mengalami kerusakan," kata Kalaksha BPBD Bali I Made Rentin.

Berdasar hasil pendataan BPBD Bali hingga Minggu (17/10) sore, ada269 unit rumah yang rusak berat, 302 unit rumah yang rusak ringan, dan 39 fasilitas umum yang rusak di dua kabupaten di Bali itu.

Fasilitas umum yang mengalami kerusakan itu di antaranya ada kantor desa, puskesmas, bumdes hingga fasilitas pendidikan.

Di samping itu, ada 21 unit pelinggih (bangunan suci) yang rusak berat, sejumlah pura dan candi yang juga mengalami kerusakan.

BPBD Bali merinci daftar kerusakan rumah dan fasilitas umum yang diakibatkan gempa yang mengguncang Karangasem Sabtu dini hari lalu.