7 Dusun di 3 Desa di Bangli Terdampak Gempa, BPBD Taksir Kerugian Warga Rp800 Juta

Minggu, 17 Oktober 2021 – 18:50 WIB
7 Dusun di 3 Desa di Bangli Terdampak Gempa, BPBD Taksir Kerugian Warga Rp800 Juta - JPNN.com Bali
Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengecek lokasi gempa di Dusun Trunyan, Kintamani, Bangli. (Istimewa)

bali.jpnn.com, BANGLI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli menaksir kerugian materiil akibat gempa Karangasem berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) yang terjadi pada Sabtu dini hari lalu (16/10) mencapai Rp 800 juta.

Kerugian paling banyak diderita akibat kerusakan rumah warga, bangunan pelayanan masyarakat, dan puluhan fasilitas umum yang terdapat di tujuh dusun dari tiga desa wilayah terdampak gempa.

Ketiga desa tersebut yakni Desa Trunyan (5 dusun), Desa Abang Batu Dinding (1 dusun), dan Desa Abang Songan (1 dusun).

Desa Trunyan menjadi yang terparah dengan tingkat kerusakan kategori berat.

"Total kerugian materil hingga hari ini (Minggu, 17 Oktober, red) ditaksir mencapai Rp800 juta," ujar Kepala Seksi Kegawatdaruratan BPBD Bangli, Agus Sutapa, Minggu (17/10) sore.

Sejumlah bangunan yang mengalami kerusakan di antaranya Kantor Desa Buahan, Puskesmas Susut II, Kantor BUMDES Buahan, dan Mapolsek Susut.

"Fasilitas umum yang mengalami kerusakan berupa tempat ibadah 28 unit, toilet umum 2 unit, dan dapur umum dua unit," sebut Agus Sutapa.

Kerusakan juga menimpa sejumlah kendaraan milik warga.

Tujuh dusun di tiga desa di Bangli terdampak gempa Karangasem. BPBD Bangli menaksir kerugian warga akibat bencana ini mencapai Rp800 juta