Gubernur Koster Tetap Berlakukan PPKM Meski Turis Asing Liburan ke Bali

Jumat, 15 Oktober 2021 – 12:49 WIB
Gubernur Koster Tetap Berlakukan PPKM Meski Turis Asing Liburan ke Bali - JPNN.com Bali
Gubernur Koster berpose bersama Forkompinda Bali terkait pembukaan pariwisata Bali kemarin. (Istimewa)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sebagai upaya mengendalikan kasus Covid-19 di Bali, Gubenur Wayan Koster menegaskan akan tetap memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) meski turis asing nanti berdatangan untuk liburan ke Pulau Dewata.

Karena itu, politisi PDI-Perjuangan ini berharap turis asing tetap mematuhi protokol kesehatan selama liburan.

"Saya sebagai gubernur Bali bersama Pangdam IX/Udayana dan Kapolda Bali beserta jajaran, serta Bupati/Walikota Se-Bali akan tetap memberlakukan PPKM dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat," kata Gubernur Koster.

Tak hanya itu, selain harus mematuhi protokol kesehatan, turis asing juga wajib menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan budaya lokal.

Pihaknya tak segan-segan menindak tegas para pelanggar protokol kesehatan maupun pihak lain yang tidak menghormati budaya adat Bali.

Langkah itu ditempuh supaya memberikan kepercayaan masyarakat nasional dan internasional terhadap aturan dan penanganan Covid-19 di Bali.

Kepercayaan itu, menurut dia, merupakan modal yang sangat penting bagi kenyamanan dan keamanan wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Bali.

"Astungkara, dengan kesadaran dan tanggung jawab bersama, aktivitas pariwisata dapat berlangsung, sekaligus dapat mengendalikan pandemi Covid-19, agar pariwisata dan perekonomian Bali segera pulih dan bangkit kembali," ucap Koster.

Gubernur Koster memastikan tetap memberlakukan PPKM meski Bali mempersilakan turis asing datang liburan ke Pulau Dewata