DLHK Denpasar Makin Agresif Pangkas Pohon Perindang di Tengah Kota

Senin, 11 Oktober 2021 – 18:42 WIB
DLHK Denpasar Makin Agresif Pangkas Pohon Perindang di Tengah Kota - JPNN.com Bali
Pemantauan dan pemangkasan dahan pohon perindang yang rimbun di kawasan Renon, Denpasar, rutin dilakukan DLHK Kota Denpasar. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Jalur protokol di kawasan pusat kota Renon, Denpasar, yang dipadati pohon perindang di sepanjang kanan-kiri jalan mendapat perhatian serius Pemkot Denpasar.

Setiap memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar disibukkan melakukan pemangkasan dahan pohon perindang di kawasan Renon.

Sepanjang tahun, tingkat rimbun dahan pohon perindang di jalur melingkar di sepanjang Jalan Cok Agung Tresna, Jalan M. Yamin, dan Jalan Raya Puputan memang terus dipantau.

"Khususnya dalam memasuki musim penghujan ini, kami melaksanakn perompesan (pemangkasan, Red)  pohon perindang jalan," kata Kepala DLHK Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wibawa.

Ia mengatakan, musim penghujan selalu dibarengi dengan angin kencang.

Risikonya, dahan-dahan pohon perindang yang rentan tumbang bisa membahayakan pengendara.

"Pemantauan dan pemangkasan rutin ini diharapkan mampu meringankan beban pohon untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang," ujarnya.

"Selain untuk meringankan beban dan mencegah terjadinya pohon tumbang, juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi dan indah," beber Gus Wibawa.

DLHK Kota Denpasar makin agresif memangkas pohon perindang di tengah kota jelang memasuki musim penghujan