Bandara Ngurah Rai Simulasi Sambut Turis Asing, Ini Tahapan yang Dilalui

Sabtu, 09 Oktober 2021 – 19:39 WIB
Bandara Ngurah Rai Simulasi Sambut Turis Asing, Ini Tahapan yang Dilalui - JPNN.com Bali
Ilustrasi penumpang pesawat di Bandara Ngurah Rai mengakses barcode Pedulilindungi sebelum berwisata ke Bali. Foto: Antara/Naufal Fikri Yusuf

bali.jpnn.com, DENPASAR - Otoritas Bandara I Gusti Ngurah Rai bersama stakeholder terkait mulai melakukan simulasi penerbangan internasional untuk memastikan kesiapan bandara terbesar di kawasan Indonesia Timur ini jelang dibukanya pintu masuk Bali 14 Oktober mendatang.

Simulasi melibatkan 90 peserta.

Terdiri dari 88 dewasa dan dua anak.

“Kami melaksanakan simulasi secara nyata untuk menguji standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, Sabtu (9/10).

Awalnya, penumpang disimulasikan datang dari Bandara Incheon, Korea Selatan.

Mereka menjalani seluruh prosedur yang telah ditetapkan sesuai SOP kedatangan penumpang dari luar negeri di Bandara Ngurah Rai.

Begitu mendarat dan tiba di terminal kedatangan, mereka harus melewati prosedur pengecekan suhu tubuh melalui thermal scanner.

Penumpang dengan suhu badan 38 derajat celcius atau lebih rendah, dapat melanjutkan proses selanjutnya.

Otoritas Bandara Ngurah Rai mulai melakukan simulasi sambut turis asing. Dari simulasi ini diketahui tahap demi tahap yang dilalui turis setiba di bandara