Mengejutkan! 7 ODGJ di Tabanan Positif Covid-19, Hasil Tracing Ungkap Fakta Ini

Kamis, 12 Agustus 2021 – 08:34 WIB
Mengejutkan! 7 ODGJ di Tabanan Positif Covid-19, Hasil Tracing Ungkap Fakta Ini - JPNN.com Bali
Ilustrasi vaksinasi ODGJ. (dok.JPNN)

bali.jpnn.com, TABANAN - Kabar mengejutkan datang dari Kabupaten Tabanan. 7 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menjalani perawatan di Pondok Laras Mandiri, Banjar Wanasara, Desa Bongan, dilaporkan positif covid-19.

Dari hasil tracing, ketujuh ODGJ terpapar covid-19 dari seorang ODGJ yang terkonfirmasi positif sebelumnya. Saat ini, 7 ODGJ tengah menjalani isolasi mandiri.

Menurut Kepala TU UPTD Pelayanan Sosial dan Perlindungan Perempuan dan Anak, I Made Sujana, awalnya ada ODGJ yang sakit dan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

Ternyata dari hasil skrining, ODGJ tersebut positif covid-19. “Kejadiannya berlangsung akhir bulan Juli lalu,” ujar I Made Sujana.

Pihaknya bersama Satgas kemudian melakukan tracing dan menemukan fakta ada 10 orang yang reaktif. Saat itu juga 10 orang tersebut menjalani isolasi.

Menurutnya, untuk mengawasi ODGJ perlu petugas khusus. Mereka tidak bisa dibawa ke tempat isolasi terpusat (Isoter) yang disediakan Satgas Covid-19 Tabanan.

“Astungkara, kondisi mereka mulai membaik. Besok (hari ini), hari terakhir menjalani isolasi,” kata I Made Sujana.

Selama menjalani isolasi, kesehatan para ODGJ diawasi ketat. Jika ada yang drop dan muncul gejala sakit, segera dirujuk ke rumah sakit.

7 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menjalani perawatan di Pondok Laras Mandiri, Banjar Wanasara, Desa Bongan, dilaporkan positif covid-19.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News