Tol Bali Mandara Dilengkapi Panel Surya, Produksi Listrik Mandiri untuk Operasional JBT

Kamis, 03 Februari 2022 – 13:25 WIB
Tol Bali Mandara Dilengkapi Panel Surya, Produksi Listrik Mandiri untuk Operasional JBT - JPNN.com Bali
Jalur Tol Bali Mandara akan menjadi salah satu fokus penataan yang dilakukan Pemprov Bali demi menyambut KTT G20 tahun 2022 di Bali. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Jalan Tol Bali Mandara, Bali, bakal dilengkapi panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebelum ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

PT Bukit Energi Investama (PT BEI) akan memasang satu set PLTS dengan total kapasitas maksimum 400 kilowatt peak (kWp).

Daya listrik yang dihasilkan, akan dipergunakan untuk menunjang kebutuhan kegiatan usaha dan operasional Jasamarga Bali Tol (JBT).

Manager Operation & Maintenance PT JBT I Putu Gandi Ginantra mengatakan pembangunan PLTS akan dimulai pada Maret dan diperkirakan selesai awal Juli 2022.

Panel surya akan disusun layaknya kanopi pada enam titik.

Masing-masing titik memiliki panjang sekitar satu kilometer, sehingga total akan ada enam kilometer jalur sepeda motor yang akan dilengkapi kanopi solar panel.

"Posisinya di sekitar tiga gerbang tol yang ada.

Jadi, panel surya akan berada pada jalur motor, baik kanan ataupun kiri jalan tol," ungkap I Putu Gandi Ginantra.

Tol Bali Mandara bakal dilengkapi panel surya jelang KTT G20. Panel surya ini bakal memproduksi listrik secara mandiri untuk operasional JBT
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News