BI Optimis Perekonomian Bali 2022 Tumbuh di Atas 6 Persen, Ini Penyebabnya

Jumat, 14 Januari 2022 – 15:21 WIB
BI Optimis Perekonomian Bali 2022 Tumbuh di Atas 6 Persen, Ini Penyebabnya - JPNN.com Bali
Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Kepala ORI Bali Umar Ibnu Alkhatab beserta sejumlah pimpinan perbankan dalam Silaturahim Industri Perbankan dan Outlook Ekonomi Bali 2022 belum lama ini. Foto: ANTARA/HO-BI Bali.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali memproyeksikan ekonomi Bali akan pesat di tahun ini. 

Pertumbuhan akan terjadi di atas 6 persen, berkaca dari peningkatan konsumsi swasta dan masyarakat serta membaiknya mobilitas masyarakat.

"Pemulihan ekonomi Bali akan berlanjut di tahun 2022 dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,4-6,2 persen (yoy)," kata Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho di Denpasar, Jumat (14/1). 

Trisno menambahkan, mobilitas masyarakat hingga Desember 2021 telah menunjukkan perbaikan seiring dengan membaiknya level PPKM

Indikator sektor pariwisata pada triwulan IV 2021 juga menunjukkan peningkatan jumlah wisatawan nusantara

"Kinerja konsumsi swasta pada periode yang sama juga mengalami pertumbuhan positif yang tercermin dari peningkatan hasil survei konsumen, survei perdagangan eceran, kredit konsumsi, dan konsumsi listrik rumah tangga," ucapnya. 

Berkaca dari data-data tersebut, pihaknya memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali pada triwulan IV 2021 mencapai 2,1-2,9 persen (yoy) dan sepanjang tahun 2021 sebesar -2,2 hingga -1,4 persen (yoy). 

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut, Trisno melihat ada sejumlah tantangan jangka pendek dan jangka panjang. 

BI optimis bahwa perekonomian Bali 2022 akan tumbuh di atas 6 persen, ini dia penyebabnya