Siap-siap! Vaksinasi Booster di Bali Dimulai Minggu Depan

Rabu, 05 Januari 2022 – 15:34 WIB
Siap-siap! Vaksinasi Booster di Bali Dimulai Minggu Depan - JPNN.com Bali
Ketua IDI Cabang Denpasar dr. I Ketut Widiyasa. Foto: ANTARA/HO

bali.jpnn.com, DENPASAR - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Denpasar, Bali, menganjurkan masyarakat agar mengikuti vaksinasi dosis ketiga yang akan segera dimulai bulan ini.

Vaksin penguat alias booster ini akan dimulai pada 12 Januari 2022.

"Sekarang ini kan pemerintah membuat program vaksinasi COVID ketiga untuk masyarakat umum, tentunya ini juga karena kebutuhan yang diharapkan dari masyarakat tersebut. Jadi masyarakat bisa ikut vaksinasi dosis tiga sesuai yang disediakan," kata Ketua IDI Cabang Denpasar dr. I Ketut Widiyasa saat dikonfirmasi di Denpasar, Rabu (5/1).

Ia mengatakan beberapa masyarakat ada yang mulai mempertanyakan seperti apa sistem vaksinasi penguat beserta waktu pelaksanaannya. 

Terkait hal itu akan ada petunjuk teknis dari pemerintah pusat. 

"Kalau dari sisi pemerintah memang merencanakan vaksinasi penguat, ya karena memang sebagian masyarakat kita membutuhkan vaksin ini. Seperti mempertanyakan kenapa nakes saja yang divaksin penguat sementara selain nakes tidak. Jadi sangat positif dengan adanya vaksinasi penguat ini," katanya.

Dari segi empiris, antibodi pasien yang sudah disuntik vaksin akan lebih besar dibandingkan dengan pasien yang belum divaksin

"Saat ini saya belum memegang data penelitian terkait apakah kemudian vaksinasi bisa menciptakan antibodi sesuai untuk menangkal COVID-19. Namun, secara empiris beberapa nakes yang vaksin dosis ketiga dengan jenis Sinovac dan Moderna ini bahwa antibodi yang terbentuk cukup tinggi pascavaksinasi," katanya. 

Siap-siap! Pemberian vaksinasi ketiga alias booster di Bali akan dimulai minggu depan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News