KPU: Minim Minat Calon Perseorangan Maju di Pilkada 2024, Ini Penyebabnya

Senin, 06 Mei 2024 – 12:31 WIB
KPU: Minim Minat Calon Perseorangan Maju di Pilkada 2024, Ini Penyebabnya - JPNN.com Bali
Komisioner KPU RI Idham Holik saat diwawancara soal pendaftaran Pilkada 2024 lewat jalur perseorangan, Denpasar. Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - KPU RI memprediksi potensi bakal calon peserta Pilkada 2024 jalur perseorangan tidak sebanyak pemilihan sebelumnya.

Menurut Komisioner KPU RI Idham Holik, kondisi ini bukan karena kurangnya sosialisasi KPU di daerah, tetapi karena perbedaan situasi dibandingkan dengan pilkada sebelumnya.

Biasanya calon pendaftar sudah konfirmasi sejak awal untuk mengikuti Pilkada, tetapi untuk tahun ini belum ada.

Padahal, KPU RI sejak jauh-jauh hari sudah menginstruksikan KPU daerah untuk gencar melakukan sosialisasi pendaftaran bakal calon Pilkada perseorangan.

“Kalau melihat dinamika dan mengkaji berbagai informasi yang kami terima sepertinya penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan tidak seperti pada pilkada-pilkada sebelumnya.

Artinya dari sisi jumlah, potensinya ada penurunan,” kata Idham Holik di Denpasar, Bali kemarin.

“Informasi yang disampaikan oleh rekan-rekan KPU di daerah tidak seperti pada pilkada sebelumnya, termasuk KPU Bali sampai saat ini belum ada yang konfirmasi,” imbuh Idham Holik.

Tahap pencalonan untuk Pilkada Serentak 2024 sudah dimulai dengan pengumuman penerimaan dukungan hari ini.

Komisioner KPU RI Idham Holik menyebut minim minat calon perseorangan untuk maju pada Pilkada 2024, ini penyebabnya
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News