KPU Bali Menanggapi Protes Koster & PDI Perjuangan, Makjleb!

Senin, 19 Februari 2024 – 13:54 WIB
KPU Bali Menanggapi Protes Koster & PDI Perjuangan, Makjleb! - JPNN.com Bali
Pemungutan suara pada Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali menanggapi aduan Wayan Koster dan PDI Perjuangan yang menilai ada kecurangan pada Pemilu 2024.

Komisioner KPU Bali I Gede John Darmawan mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi aduan tersebut.

“Ini bukti transparansi dan keterlibatan masyarakat dalam mengawal hasil pemilu,” kata Komisioner KPU Bali I Gede John Darmawan.

PDI Perjuangan Bali menghitung ulang jumlah suara sah pada portal Pemilu2024.kpu.go.id dan mendapati hasilnya berbeda dengan penghitungan manual.

PDI Perjuangan Bali pun mengajukan keberatan atas penghitungan suara sah yang tidak tepat pada portal KPU RI melalui aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap).

Mereka mengambil contoh pada hasil hitung sementara DPR RI dapil Bali Partai PDI Perjuangan.

Versi PDIP, jumlah suara dari seluruh caleg mereka sebanyak 349.810, dan suara untuk partai 48.904, total suara sementara mereka 398.714 sedangkan di aplikasi dimuat jumlahnya 381.069.

PDI Perjuangan menyayangkan selisih 17.645 suara itu.

Komisioner KPU Bali Gede John Darmawan menanggapi protes Wayan Koster & PDI Perjuangan terkait kecurangan penghitungan suara Pemilu 2024, makjleb!
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News