Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Nusa Penida Lebih Awal, Ini Alasan KPU Bali

Sabtu, 03 Februari 2024 – 18:48 WIB
Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Nusa Penida Lebih Awal, Ini Alasan KPU Bali - JPNN.com Bali
Suasana penyaluran logistik surat suara dari percetakan ke gudang menggunakan mobil truk di Denpasar. Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - KPU Bali memastikan penyaluran logistik Pemilu 2024 menyesuaikan kondisi daerah.

Distribusi di masing-masing kabupaten akan dilakukan pada H-1 atau H-2, tergantung pada jarak lokasi dan sarana tempat penyimpanan sementara.

Namun, khusus untuk wilayah Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, yang berada di seberang Pulau Bali, distribusi akan dilakukan pada H-3 pemungutan suara, atau pada 11 Februari 2024.

“Khusus untuk Nusa Penida bergerak mulai H-3, rencananya tanggal 14 Februari,” ujar Komisioner KPU Bali I Gede John Darmawan.

Selama proses penyaluran logistik di Nusa Penida, KPU Bali akan langsung melakukan pemantauan bersama Bawaslu dan aparat keamanan, seperti polisi dan Dinas Perhubungan.

Pasalnya, logistik tersebut harus menyeberangi Selat Badung dengan menggunakan kapal roll on-roll off (RORO) untuk sampai di Nusa Penida.

Desember 2023 lalu, penyelenggara telah melakukan simulasi pergerakan rute yang harus ditempuh dari gudang KPU Klungkung ke gugus pulau kecil di sisi tenggara Bali itu.

Dari hasil simulasi muncul pemetaan-pemetaan baru yang akan disesuaikan saat penyaluran logistik sebenarnya pada 11 Februari nanti.

KPU Bali memastikan distribusi logistik Pemilu 2024 ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, Klungkung, dilakukan lebih awal, ini alasan KPU Bali
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News