Jokowi Pastikan Pemilihan Pj Gubernur Transparan, Warga Bali tak Perlu Khawatir

Jumat, 04 Agustus 2023 – 14:33 WIB
Jokowi Pastikan Pemilihan Pj Gubernur Transparan, Warga Bali tak Perlu Khawatir - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemilihan PJ gubernur transparan. Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, SUKABUMI - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memastikan proses pemilihan penjabat (pj) gubernur berbagai daerah di Indonesia akan berlangsung transparan.

Total ada 85 daerah yang masa jabatan kepala-wakil kepala daerahnya berakhir pada September 2023.

Untuk posisi gubernur dan wakil gubernur itu, beberapa di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Bali, dan Sulawesi Selatan.

"Dari daerah, ya kan, ke Kemendagri terus baru ini naik ke kita, (ke) TPA (Tim Penilai Akhir). Semuanya terbuka," kata Presiden Jokowi di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8).

Oleh karena itu, Jokowi memastikan proses pemilihan pj gubernur berlangsung transparan.

"Apanya yang enggak akuntabel? Apanya yang enggak transparan? 'Wong' masukannya dari bawah semua, kan dari daerah," ujar Jokowi.

Menurutnya, untuk posisi penjabat gubernur, DPRD provinsi asal mengajukan usulan tiga nama, selanjutnya Menteri Dalam Negeri juga mengusulkan tiga nama.

Sejumlah nama mengerucut menjadi pengganti Gubernur Wayan Koster dan Wagub Cok Ace.

Presiden Jokowi memastikan pemilihan Pj Gubernur untuk daerah yang berakhir masa jabatannya September nanti transparan, warga Bali tak perlu khawatir
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News