Amerika Ingin Jaga Hubungan Baik dengan China, Soal Rusia – Ukraina Beda Lagi

Sabtu, 09 Juli 2022 – 17:23 WIB
Amerika Ingin Jaga Hubungan Baik dengan China, Soal Rusia – Ukraina Beda Lagi - JPNN.com Bali
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony John Blinken (tengah) bersama Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kiri), Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly (kedua kiri), Menlu Brazil Carlos Alberto Franco (kedua kanan) dan Menlu Jerman Annalena Baerbock menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menlu China Wang Yi bertemu di sela-sela pertemuan FMM G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (9/7).

Pertemuan ini menjadi yang pertama sejak Oktober 2021.

Para pejabat AS mengatakan pertemuan Antony Blinken dengan Wang Yi di Bali, Indonesia, bertujuan untuk menjaga hubungan Amerika Serikat yang sulit dengan China tetap stabil.

Pertemuan itu juga untuk meredam AS dan China terlibat dalam konflik yang dalam.

"Kami sangat menantikan percakapan yang produktif dan konstruktif.

Ada banyak hal yang harus dibicarakan," kata Menlu AS Antony Blinken kepada wartawan pada awal pertemuan.

Menlu AS Antony Blinken diperkirakan akan mengulangi peringatan kepada China untuk tidak mendukung perang Rusia di Ukraina.

Kedua negara juga akan membahas isu-isu kontroversial yang mencakup Taiwan, klaim luas China di Laut China Selatan, perluasan pengaruh China di Pasifik, isu hak asasi manusia, dan tarif perdagangan.

Amerika Serikat ingin menjaga hubungan baik dengan China disela-sela pertemuan Menlu G20 di Bali, tetapi soal Rusia – Ukraina beda lagi
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News