Rusia & China Kompak Lawan Barat, Bahas Sistem Pembayaran Nasional

Jumat, 06 Mei 2022 – 14:14 WIB
Rusia & China Kompak Lawan Barat, Bahas Sistem Pembayaran Nasional - JPNN.com Bali
Bendera Rusia berkibar di atas kantor pusat Bank Sentral Rusia di Moskow, Rusia. Foto: ANTARA/REUTERS/Maxim Shemetov/Foto Dokumen

bali.jpnn.com, MOSKOW - Keputusan Amerik Serikat dan Uni Eropa mengisolasi Rusia dari tatanan perekonomian global mendapat perlawanan.

Rusia berusaha menggandeng Bank Sentral China untuk membahas penggunaan dan peningkatan sistem pembayaran nasional masing-masing di kedua negara.

Kesepakatan tersebut diambil setelah utusan Beijing untuk Moskow mengatakan kepada kantor berita TASS dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Kamis kemarin (5/5).

"Mengenai peningkatan dan penggunaan sistem pembayaran nasional Mir dan China UnionPay di kedua negara, pertanyaan ini akan diputuskan oleh bank sentral kedua belah pihak dalam rapat konsultasi," kata Utusan Beijing untuk Moskow Zhang Hanhui.

Mir dan UnionPay adalah di antara sedikit pilihan yang tersisa bagi Rusia untuk melakukan pembayaran di luar negeri.

Hal ini terjadi karena bank-bank Rusia diisolasi dari sistem keuangan global sebagai tanggapan atas apa yang disebut Moskow sebagai operasi militer khusus di Ukraina.

Visa Inc dan MasterCard Inc adalah di antara banyak perusahaan Barat yang telah menangguhkan operasinya di Rusia.

China telah menolak untuk mengutuk tindakan Rusia di Ukraina dan telah mengkritik sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Moskow.

Rusia dan China kompak melawan hegemoni Amerika dan negara-negara Barat, bahas sistem pembayaran nasional seusai diembargo
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News