Tiongkok Mimpi Bangun Pangkalan Militer Dekat Indonesia, Amerika Gerak Cepat

Rabu, 27 April 2022 – 05:58 WIB
Tiongkok Mimpi Bangun Pangkalan Militer Dekat Indonesia, Amerika Gerak Cepat - JPNN.com Bali
Peta wilayah Pasifik Papua Nugini. Foto: ANTARA/HO.BMKG

bali.jpnn.com, PORT MORESBY - Mimpi Tiongkok membangun pangkalan militer di kawasan Indo-Pasifik tampaknya tinggal menunggu waktu.

Indikasi pembangunan pangkalan militer yang berjarak 1.000 km timur Papua, Indonesia, itu setelah Tiongkok dan Kepulauan Solomon sepakat menandatangani kerangka kerja sama keamanan bersama kedua negara.

Rencana Tiongkok itu rupanya dipantau Amerika Serikat.

Khawatir dengan rencana Tiongkok, Amerika Serikat berusaha memperluas kerja sama keamanan dengan negara pulau Pasifik Papua Nugini, Selasa kemarin (26/4).

Keinginan itu didorong kekhawatiran AS terkait motif China karena membuat pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon di dekatnya.

Delegasi Amerika Serikat bertemu Perdana Menteri Papua Nugini James Marape dan ketua keamanan pekan lalu.

Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink mengatakan Amerika Serikat berencana untuk mengadakan diskusi keamanan lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan.

“Ada keinginan dari kedua pihak untuk memastikan bahwa kami mengambil langkah konkret untuk memperluas kerja sama keamanan kami,” kata Daniel Kritenbrink dilansir Antara dari Reuters.

Mimpi Tiongkok membangun pangkalan militer dekat Indonesia tinggal tunggu waktu, langkah ini memaksa Amerika Serikat melakukan gerak cepat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News