Rusia Memulai Pertempuran Donbas, Presiden Zelenskyy Ketar-ketir

Selasa, 19 April 2022 – 11:21 WIB
Rusia Memulai Pertempuran Donbas, Presiden Zelenskyy Ketar-ketir - JPNN.com Bali
Api membakar bangunan usai serangan Rusia di kota Irpin, Kiev, Ukraina, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Oleksandr Ratushniak/foc.

bali.jpnn.com, KIEV - Militer Rusia mulai mengarahkan serangan baru ke sisi timur Ukraina setelah berhasil menguasai Kharkiv, Zaporizhzhia, Donetsk, wilayah Dnipropetrovsk, serta pelabuhan Mykolayiv.

Dalam sebuah unggahan di facebook, komando angkatan bersenjata Ukraina mengatakan bahwa kekuatan militer utama Rusia sedang berkonsentrasi menguasai wilayah Donetsk dan Luhansk yang membentuk petak tanah yang dikenal sebagai Donbas.

"Fase kedua perang telah dimulai. Percayalah pada tentara kami, tentara kami ini sangat kuat," tulis kepala staf presiden Ukraina, Andriy Yermak, di aplikasi perpesanan Telegram.

Pergerakan pasukan Rusia ke sisi timur Ukraina diungkap langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

“Pertempuran Donbas kini telah dimulai,” ujar Presiden Ukraina Volodymr Zelenskyy dilansir Antara dari Reuters.

Presiden berlatar belakang komedian ini mengatakan tentara Ukraina telah bersiap untuk menghadapi serangan baru Rusia di sisi timur.

Moskow menarik pasukannya dari dekat Kiev dan dari utara Ukraina akhir bulan lalu untuk fokus pada serangan di wilayah Donbas.

“Kami sekarang dapat mengatakan bahwa pasukan Rusia telah memulai pertempuran Donbas, yang telah lama mereka persiapkan,” kata Presiden Zelenskyy dalam sebuah pidato video.

Militer Rusia kini mengarahkan serangan baru ke timur dan memulai pertempuran Donbas, Presiden Zelenskyy kirim kabar kegini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News