Parlemen Dunia Sepakati Resolusi Damai Rusia-Ukraina, Hilangkan Frasa Kecam

Jumat, 25 Maret 2022 – 09:42 WIB
Parlemen Dunia Sepakati Resolusi Damai Rusia-Ukraina, Hilangkan Frasa Kecam - JPNN.com Bali
Ketua DPR RI Puan Maharani memberi keterangan kepada media saat jumpa pers seusai penutupan Sidang Majelis Ke-144 IPU di BICC, Nusa Dua, Bali, Kamis kemarin (24/3). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Sidang Majelis Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di BICC Nusa Dua, Badung, Bali, berhasil menyepakati resolusi damai untuk mengatasi konflik Rusia dan Ukraina.

Resolusi damai itu disepakati ribuan delegasi yang mewakili parlemen dari 115 negara setelah melalui serangkaian tahapan sidang dan sesi debat yang dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai pimpinan sidang.

"Indonesia telah meyakinkan IPU untuk menyepakati task force dan mendorong terciptanya solusi damai atas konflik Ukraina dan Rusia,” ujar Puan Maharani seusai penutupan Sidang Majelis Ke-144 IPU di BICC, Nusa Dua, Badung.

Menurut Puan, Indonesia telah memainkan peranan penting dalam penyusunan resolusi damai untuk mengatasi konflik Rusia dan Ukraina.

“Kami tergabung dalam komite penyusun.

Indonesia sejak awal menekankan pentingnya peran sentral IPU dalam mencari solusi di Ukraina secara berimbang," kata Puan Maharani.

Dalam Sidang Majelis Ke-144 IPU pada 20–24 Maret 2022, tiap negara anggota dipersilakan mengusulkan rancangan resolusi yang mendesak (emergency item).

Di sidang majelis IPU tahun ini, delegasi Parlemen Ukraina mengusulkan draf resolusi terkait konflik Rusia dan Ukraina.

Sidang ke-144 IPU alias Parlemen Dunia yang berakhir kemarin menyepakati resolusi damai Rusia-Ukraina, hilangkan frasa kecam usulan parlemen Ukraina
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News