Puan Maharani Kirim Pesan Penting, Ingatkan Dunia Harus Kerja Sama Tolak Unilateralisme

Senin, 21 Maret 2022 – 11:18 WIB
Puan Maharani Kirim Pesan Penting, Ingatkan Dunia Harus Kerja Sama Tolak Unilateralisme - JPNN.com Bali
Ketua DPR RI Puan Maharani dan Presiden IPU Duarte Pacheco saat konferensi pers di lokasi perhelatan sidang ke-144 IPU di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/3/2022). Foto: Humas DPR RI

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Pesan penting dilontarkan Ketua DPR RI Puan Maharani saat berbicara di depan delegasi forum parlemen dunia Inter-Parliamentary Union (IPU) di BICC, Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (21/3).

Kepada delegasi parlemen dari 115 negara, Puan Maharani mendorong forum parlemen IPU untuk menolak agenda dan tindakan sepihak (unilateral) lantaran mengancam hubungan harmonis antarnegara.

Menurut Puan, dunia saat ini harus bergotong royong dan memperbanyak kerja sama demi bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19.

Puan Maharani mengatakan jika negara-negara di dunia menolak bekerja sama dan mementingkan diri sendiri maka berbagai tantangan dan masalah, termasuk pandemi akan sulit dihadapi di masa depan.

“Kita saat ini hidup di dunia yang semakin kompleks dan menghadapi berbagai tantangan besar. Pandemi telah memasuki tahun ketiga dan dunia terus menghadapi ketidakpastian,” kata Puan Maharani mengingatkan.

Politikus PDI Perjuangan ini mengingatkan masalah kesehatan dapat berkembang menjadi masalah sosial, ekonomi, politik, atau sebaliknya.

Parlemen punya peran penting untuk menjadi aktor utama dalam membangun berbagai kerja sama antarnegara.

“Parlemen juga perlu membangun kesadaran masyarakat di dalam negeri bahwa selain perlu membangun rasa cinta tanah air, pada saat bersamaan kita juga perlu menumbuhkan semangat solidaritas global,” kata dia.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengirim pesan penting di Sidang Ke-144 IPU di BICC Nusa Dua, Bali, ingatkan dunia harus kerja sama tolak unilateralisme
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News