Cuaca Ekstrem NTT: ASDP Kupang Buka Tutup Pelayaran Feri, Pulih Setelah 3 Februari

Rabu, 02 Februari 2022 – 13:09 WIB
Cuaca Ekstrem NTT: ASDP Kupang Buka Tutup Pelayaran Feri, Pulih Setelah 3 Februari - JPNN.com Bali
Ilustrasi: Sejumlah kapal milik ASDP bersandar di pelabuhan ASDP Bolok Kupang. Foto: ANTARA/Kornels Kaha

bali.jpnn.com, KUPANG - Cuaca buruk diprakirakan masih terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Terkait dengan hal itu, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang memberlakukan sistem buka-tutup terhadap layanan pelayaran kapal. 

"Pelayanan pelayaran feri kami tutup sementara sejak 18 Januari 2022 namun dalam sewaktu-waktu bisa dibuka dan ditutup kembali disesuaikan dengan kondisi cuaca," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang Ardhi Ekapaty ketika dihubungi di Kupang, Rabu (2/2).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan perkembangan pelayanan kapal feri antardaerah di NTT yang sebelumnya ditutup akibat cuaca ekstrem. 

Ekapaty menyebutkan sejumlah lintasan feri yang ditutup akibat cuaca aktrem berupa hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi sepertt Bolok Kabupaten Kupang-Rote, Bolok-Sabu Raijua, Bolok-Kalabahi, Bolok-Lembata, Bolok-Larantuka, dan Bolok-Ende. 

Hanya pelayaran feri jarak dekat pada rute Bolok-Hansisi Pulau Semau yang masih tetap beroperasi sesuai jadwal, katanya. 

"Dalam perjalanan rute-rute yang ditutup sementara itu dibuka kembali ketika situasi cuaca di lapangan sudah membaik," katanya. 

Ia mencontohkan seperti pelayaran feri pada rute Bolok-Rote yang sempat dibuka pada 25 Januari karena kondisi cuaca di lapangan cukup kondusif. 

Prakiraan cuaca ekstrem di NTT: ASDP Kupang memberlakukan buka tutup pelayaran feri, baru diperkirakan pulih setelah 3 Februari
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News