Prakiraan Cuaca Buruk: Gelombang Tinggi dan Angin 25 Knot dari NTT Sampai Maluku

Senin, 31 Januari 2022 – 13:19 WIB
Prakiraan Cuaca Buruk: Gelombang Tinggi dan Angin 25 Knot dari NTT Sampai Maluku - JPNN.com Bali
Dampak Cuaca Ekstrim Ombak besar menerjang pesisir pantai Desa Amahusu, Ambon, Maluku saat cuaca ekstrim melanda Kota Ambon, Selasa (14/1). BMKG Ambon juga telah mengeluarkan peringatan dini angin dengan kecepatan lebih dari 30 km/jam dan juga gelombang laut yang tinggi akan terjadi di sejumlah wilayah Provisi Maluku. Foto: ANTARA/Izaac Mulyawan

bali.jpnn.com, AMBON - Prakiraan cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) masih meminta perhatian masyarakat setempat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi mencapai empat meter di Laut Maluku pada 31 Januari - 1 Februari 2022.

Gelombang tinggi 2,5 meter hingga empat meter berpeluang terjadi di Laut Banda Selatan, perairan kepulauan Sermata - Leti, perairan Kepulauan Babar, Tanimbar dan laut Arafuru yang berisiko terhadap keselamatan pelayaran," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Ashar di Ambon, Senin (31/1).

Gelombang setinggi 1,25 -1,50 meter (sedang) juga berpeluang terjadi di Laut Seram, perairan Buru, perairan Pulau Ambon dan Kepulauan Lease, Selatan Pulau Seram, laut Banda bagian barat, perairan Kei, dan Aru.

Ia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara, umumnya bergerak dari barat laut ke timur laut, dengan kecepatan 5-20 knot.

Sedangkan di wilayah selatan Indonesia umumnya bergerak dari barat daya - barat laut, dengan kecepatan 8- 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan NTT, perairan Kepulauan Sermata hingga kepulauan Tanimbar, laut Arafuru, Seram dan laut Banda.

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Ashar di Ambon.

Prakiraan cuaca buruk di sejumlah wilayah di Indonesia: gelombang tinggi dan angin kencang 25 knot di perairan NTT sampai Maluku
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News