PAP 1 Siapkan Bandara Ngurah Rai dan Juanda untuk Mitigasi Risiko MotoGP Mandalika 2022

Minggu, 09 Januari 2022 – 13:26 WIB
PAP 1 Siapkan Bandara Ngurah Rai dan Juanda untuk Mitigasi Risiko MotoGP Mandalika 2022 - JPNN.com Bali
Aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai. Bandara Ngurah Rai disiapkan PAP 1 bersama Bandara Juanda Surabaya untuk mendukung ajang MotoGP Mandalika Maret 2022 mendatang. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - PT Angkasa Pura (PAP) I menyiapkan mitigasi risiko untuk mengantisipasi potensi terburuk yang mungkin terjadi dan dapat mempengaruhi ajang Motor Grand Prix (MotoGP) di Sirkuit Mandalika Maret 2022 mendatang.

Konsep mitigasi yang disiapkan PAP 1 adalah one day trip dalam triangle area Bandara Lombok - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali - Bandara Juanda Surabaya.

Berbagai upaya mitigasi yang disiapkan seperti reposisi parkir pesawat jika terjadi kelebihan kapasitas pada konfigurasi parkir pesawat di apron Bandara Lombok.

Termasuk  kelebihan kapasitas, dan alternate aerodrome jika Bandara Lombok tidak beroperasi akibat cuaca buruk atau hal-hal yang berpotensi menghalangi landas pacu.

Langkah mitigasi juga mencakup koordinasi dengan pihak maskapai terkait usulan penambahan jumlah pesawat maskapai, fleet management, rotasi pesawat, kesiapan operator ground handling yang melayani rute-rute triangle tersebut.

“Dukungan layanan logistik dan ritel juga diberikan Angkasa Pura Logistik dan Angkasa Pura Retail yang menjadi daya dukung untuk Bandara Lombok," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

PAP 1 berupaya memanfaatkan momen MotoGP 2022 untuk turut mempromosikan UMKM Nusa Tenggara Barat (NTB) di Bandara Lombok.

Caranya dengan menjalin kerja sama antara Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTB dengan anak perusahaan perseroan, yaitu Angkasa Pura Supports.

PAP 1 menyiapkan Bandara Ngurah Rai, Bali dan Juanda, Surabaya untuk mitigasi risiko selama ajang MotoGP Mandalika 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News