Kasus DBD di Kota Kupang Terus Turun, Begini Resepnya

Kamis, 06 Januari 2022 – 19:28 WIB
Kasus DBD di Kota Kupang Terus Turun, Begini Resepnya - JPNN.com Bali
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Retnowati Foto: ANTARA FOTO/ Benny Jahang

bali.jpnn.com, KUPANG - Kesadaran warga Kota Kupang dikatakan makin meningkat, terbukti dengan menurunnya jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Retnowati mengatakan kasus DBD terus mengalami penurunan setiap tahun seiring tingginya kesadaran warga dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

"Kesadaran warga Kota Kupang dalam menjaga kebersihan lingkungan semakin tinggi terbukti dengan terus menurunnya kasus DBD setiap tahun," kata Retnowati di Kupang, Kamis (6/1).

Pada 2020 di Kota Kupang tercatat ada 651 kasus dengan jumlah warga yang meninggal delapan orang. 

Di tahun berikutnya, jumlah kasus turun menjadi 200 dengan jumlah warga yang meninggal dunia empat orang.

"Ada penurunan sekitar 400 kasus DBD pada 2021 dibanding 2020 karena Pemerintah Kota Kupang konsen terhadap kebersihan. Pemerintah terus mendorong pemerintah kelurahan hingga kecamatan secara rutin mengajak warga membersihkan lingkungan sehingga tidak ada sarang nyamuk penyebar DBD," tegasnya. 

Ia berharap pada 2022 kasus DBD di Kota Kupang tidak mengalami peningkatan, dengan catatan warga tetap konsisten dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Dari sisi pemerintah, petugas kesehatan di semua puskesmas di Kota Kupang selalu turun memberikan edukasi kepada warga tentang bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sehingga bisa terbebas dari serangan DBD.

Jumlah kasus demam berdarah dengue yang terjadi di Kota Kupang dinyatakan terus mengalami penurunan, begini resepnya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News