BMKG Prediksi TTU dan Belu di Provinsi NTT Dilanda Hujan Lebat Kategori 6, Waspada

Rabu, 08 Desember 2021 – 08:34 WIB
BMKG Prediksi TTU dan Belu di Provinsi NTT Dilanda Hujan Lebat Kategori 6, Waspada - JPNN.com Bali
Ilustrasi cuaca. (dok.jpnn.com)

bali.jpnn.com, KUPANG - Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi melaporkan, cuaca ekstrem berupa hujan lebat kategori 6 berpotensi terjadi pada Rabu hari ini (8/12) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Agung Sudiono Abadi, sejumlah titik wilayah yang terdampak antara lain Biboki Selatan, Biboki Moenleu, Biboki Anleu, Biboki Foetleu, Biboki Utara, dan Biboki Tanpah di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan wilayah Tasifeto Barat di Kabupaten Belu.

"Potensi hujan lebat kategori 6 ini berstatus siaga, harus diwaspadai masyarakat karena dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor," kata Agung Sudiono Abadi.

Agung Sudiono Abadi menjelaskan, potensi hujan lebat ini dapat memicu berbagai dampak.

Mulai terjadinya tanah longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah, kerusakan tanggul sungai, jalan dan jembatan, maupun aliran banjir yang berbahaya dan dapat mengganggu aktivitas masyarakat.

Ia meminta masyarakat di daerah terdampak agar lebih berhati-hati jika harus beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari potensi bencana yang ditimbulkan.

"Tidak perlu menggunakan transportasi darat jika tidak mendesak," ujar Agung Sudiono Abadi.

Selain itu masyarakat juga perlu terus memperbaharui informasi melalui media massa maupun media sosial atau mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan.

BMKG memprediksi Kabupaten TTU dan Belu di Provinsi NTT Rabu hari ini dilanda hujan lebat kategori 6, waspada
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News